Written by coki siregar on 21 November, 2021

Phased Array Ultrasonic Testing (PAUT)

Phased Array Ultrasonic Testing (PAUT) merupakan teknik pengujian tidak merusak canggih (advanced NDT) yang menggunakan satu set probe dari pengujian ultrasonic (UT) yang terdiri dari banyak elemen kecil. Teknik pengujian ini menggunakan transduser “array” multi-elemen khusus dan mengirimkan elemen tersebut secara terpisah dengan urutan yang memiliki pola tertentu, dikenal dengan sebutan “phasing.

Prinsip kerja PAUT ini didasarkan pada prinsip fisika gelombang yang juga memiliki aplikasi di berbagai bidang termasuk optik, antena elektromagnetik, dan juga material las. Nantinya masing- masing elemen akan beraksi secara individual dengan waktu yang dihitung oleh computer untuk membentuk aspek fase dari proses, Sedangkan array mengacu pada beberapa elemen yang membentuk sistem PAUT. Sinar dari phased array probe data difokuskan dan secara elektronik akan menyapu bagian inspeksi tanpa menggerakkan probe itu sendiri. Pengujian ini memberikan data permanen, tidak menghasilkan radiasi dan dapat digunakan untuk beberapa aplikasi. Karena PAUT juga dapat mendeteksi cacat pada permukaan dan ke dalam volume lasan, ini juga dapat memberikan informasi mengenai posisi lateral dari cacat (kedalaman dan juga tinggi).

Jika dibandingkan dengan UT konvesional, PAUT memiliki beberapa keuntungan seperti :

  • Cakupan: dengan mengarahkan, memfokuskan, dan memindai sinar transduser, sistem PAUT dapat digunakan untuk memeriksa area permukaan yang luas dengan cepat dengan resolusi tinggi.
  • Kecepatan: Cakupan cepat dari area permukaan yang labih luas berarti bahwa PAUT dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan UT konvensional.
  • Akurasi : Dengan memancarkan sinar dari berbagai sudut yang berbeda secara berurutan, PAUT mampu membuat penampang aset yang terperinci dan akurat, sehingga meningkatkan kemungkinan mendeteksi anomali.
  • Repeatability: PAUT dapat dengan mudah digunakan untuk pemindaian berulang karena tingkat akurasi dan konsistensinya yang tinggi.
  • Fleksibilitas: PAUT terbukti menjadi metode yang efektif untuk memeriksa geometri yang kompleks seperti siku, tikungan, dan nozel. Serta PAUT juga sangat berguna dalam situasi dimana da akses terbatas untuk pemindaian mekanis karena dapat menyapu berkas tanpa menggerakkan probe.
  • Keselamatan: Menggunakan pemindai PAUT semi-otomatis atau bermotor menghindari paparan personel inspeksi ke lingkungan yang berpotensi berbahaya. Selain itu, PAUT merupakan alternatif yang efektif untuk pengujian radiografi, menghilangkan bahaya keamanan yang terkait dengan radiografi.
Article written by coki siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

cross