Inspeksi teknik

inspeksi teknik

Mengenal inspeksi teknik yaitu suatu cara metode yang dilakukan untuk melakukan pemeriksaan kondisi teknis dari peralatan kerja agar alat tersebut dapat dioperasikan secara efesien dan aman [tidak membahayakan].

Mengenai fungsinya inspeksi teknik untuk memberikan masukan kepada si pemilik barang bahwa peralatannya dapet digunakan kembali dan aman untuk bekerja.

Masalah inspeksi teknik dalam pelaksanaannya akan menyangkut beberapa aspek dimana aspek satu sama lainnya saling berkaitan kuat, aspek aspek tersebut adalah :

  1. Alat equipment apa yang akan di inspeksi dan di operasikan
  2. Mengapa alat tersebut di inspeksi
  3. Oleh siap alat tersebut di inspeksi
  4. Dengan alat apa alat tersebut di inspeksi
  5. Bagaimana syarat syarat hasil inspeksi harus di penuhi [inspeksi sesuai target]
  6. Fasilitas apa yang harus di perlukan dalam pelaksanaan inspeksi
  7. Standar apa yang harus menjadi pedoman dilakukan inspeksi
  8. Bagaimana yang harus dilakukan inspeksi pada alat tersebut
  9. Data teknis apa saja yang harus dihasilkan setelah pelaksanaan inspeksi.

Segala langkah pelaksanaan inspeksi harus memenuhi standart yang ada yaitu untuk pekerjaaan yang bidang teknisnya telah terpenuhi. Pekerjaan Juga dilakukan dengan team atau orang yang ahli dan bersertifikat di bidangnya tersebut.

Dan inspeksi teknik juga mengacu pada SOP dari standart baku dari standar  internasional.

inspeksi teknik

 

Segala langkah pelaksanaan inspeksi harus dilakukan berdasarkan pedoman pelaksanaan yang telah saling disetujui oleh berbagai fihak. Di antaranya OWNER perusahaan pelaksana jasa inspeksi dan inspektor dari instansi pemerintah. Untuk itu maka dipakailah buku-buku standar internasional seperti ASME, AWS, ASTM, API, JIS, SNI