Finete Element untuk memecahkan masalah

finete element untuk memecahkan masalah

Finite element adalah sebuah metode yang digunakan untuk mencari pemecahan masalah dengan membuat persamaan-persamaan tertentu secara matematika atau permasalahan pada sebuah bidang. Permasalahan yang ada sebuah bidang, salah satunya di mana kita mencari solusi per titik dari banyak variabel. Jadi katakanlah, dengan analisa tegangan kita dapat mencari variasi dari tegangan atau deformasi pada sebuah kantilever (penopang/penyangga).

Algoritma dasar dari FINETE EMEMENT dijelaskan sebagai berikut :

Pisahkan bagian atau bidang ke dalam kesatuan finite yang disebut dengan finite element yang berbeda sekali menjadi bagian-bagian kecil sekali yang kemudian kita hitung dengan kalkulus.

  1. Kesatuan yang disebut dengan elemen-element dan mereka saling terkait satu dengan yang lainnya menggunakan simpul-simpul. Keterkaitan dan elemen-elemen bersama disebut dengan mesh.
  2. Jika kita mengetahui nilai dari variabel pada empat simpul dari sebuah elemen yang ditunjukkan dibawah, kita memperkirakan nilai dari variabel pada setiap titik antara elemen menggunakan sebuah lambang yang didefenisikan untuk elemen spesial (lambang terbanyak polynomial dan dinamakan dengan bentuk atau fungsi interpolasi). Pastinya dalam variasi di kehidupan nyata dari variabel antara elemen jauh lebih komplek, jadi kita memilih untuk memperkirakan dengan menggunakan sebuah persamaan.
  3. Mesh adalah sebuah sistem persamaan matematika yang tidak diketahui nilainya bebas dari variabel-variabel simpul.
  4. Persamaan-persamaan diselesaikan sekarang dan dari nilai simpul dari variabel bebas kita menyebutkannya dengan nilai dari persamaan keseluruhan elemen menggunakan sebuah bentuk fungsi. Lalu kita mempunyai sebuah bagian perkiraan dari variasi terpisah dari variabel bebas untuk seluruh bidang.

konsultasi teknik cfd dan finet element

FEM adalah sebuah matematika pokok/metode numerik untuk memecahkan persamaan diferensial. Sebagai upaya bagaimana matematika dasar membantu mencarikan solusi penyelesaian masalah kita, mempelajari teori dengan pemakaian pemecahan fisika secara sederhana untuk permasalahan yang dasar pula.

baca juga

FINETE ELEMENT PDF